Apa Itu TAN Lembab

Add a heading

TAN, adalah istilah khusus yang hanya ada di TCM. TAN dibagi menjadi TAN Kasatmata dan TAN Tidak Kasatmata. TAN Kasatmata biasanya menunjuk pada Dahak yang dikeluarkan saat batuk. Dan TAN Tidak Kasatmata inilah, yang seringkali dibahas dalam TCM.

Dr. Yang Zhong dari Beijing Chinese Medicine Hospital, Capital Medical University mengatakan, Tujuh puluh persen tubuh manusia terdiri dari air. Dalam TCM, Air ini dikenal dengan istilah Cairan (Jinye). Ia dapat mendistribusikan materi pemelihara tubuh ke seluruh bagian tubuh, selain itu juga dapat mengeluarkan sampah dari tubuh (sisa metabolisme). Jika distribusi Jinye terganggu, maka hal pertama yang terjadi adalah Lembab mulai muncul, jika Lembab ini tidak bisa diolah dengan baik, maka lebih lanjut ia akan menjadi TAN yang sedang kita bicarakan ini. Kesimpulannya, TAN adalah sebahagian kecil dari Lembab, hanya saja ia muncul sebagai benda patologis.

 

Karakteristik TAN Lembab:
1. Berat
2. Keruh
3. Lengket dan Menempel
4. Jika sudah terbentuk dalam tubuh maka sulit untuk dihilangkan
5. Makin lama ia mengendap dalam tubuh, ia akan berubah menjadi patogen ganas
6. Biasanya berkaitan dengan tumor

Jika tubuh seseorang mudah menghasilkan TAN, maka orang itu akan rentan terkena tumor di saluran pencernaan, kanker usus, limfoma dan tumor otak.

Lalu bagaimana caranya kita tahu, Apakah tubuh kita ini termasuk yang mudah menghasilkan TAN atau tidak?

Menurut Dr. Yang, tubuh berkarakteristik TAN Lembab memiliki tiga karakteristik utama:

 

1. Gemuk

Selain itu, perut gemuk tersebut juga tidak boleh memunculkan rasa kembung bahkan tidak nyaman (sesak, pengap dsb).
Tubuh berkarakteristik TAN Lembab biasanya ditunjukkan dengan perut yang kembung dan penuh, juga loyo. Serta tubuh terasa berat sekali.

 

2. Faeses

Faeses dari mereka yang berkarakteristik TAN Lembab berbentuk lengket dan menempel.

 

3. Lidah

Dan lidahnya menunjukkan selaput tebal dan lengket. Dan orang tersebut merasa mulutnya pahit.

 

(Bentuk lidah TAN Lembab)

 

Kebiasaan-kebiasaan di bawah ini rentan memunculkan TAN di dalam tubuh: (jadi, sebisa mungkin dihindari ya)

1. Suka konsumsi dingin
Konsumsi makanan dan minuman dengan suhu dingin dalam jangka panjang akan menurunkan Yang di Limpa. Karena Yang berfungsi menghangatkan, maka Limpa akan menjadi Dingin. Jika Limpa Dingin, kekuatan Limpa untuk mendistribusikan Jinye berkurang, dan rentan memunculkan TAN.

 

2. Suka duduk lama-lama
Dalam pengkategorian Yin Yang, Bergerak termasuk Yang. Untuk bisa melancarkan distribusi Jinye maka seseorang tidak boleh diam terlalu lama – termasuk duduk kelamaan. Duduk kelamaan mudah melukai Yang Limpa dan berakibat memunculkan TAN Lembab.

 

3. Suka minuman keras
Dalam TCM, minuman keras memiliki sifat yang Tebal (maksudnya berefek kuat). Dalam TCM, semua hal yang bersifat Berminyak, Manis, dan juga Tebal sangat mudah melukai Yang Limpa. Minum minuman keras keseringan dalam jangka panjang akan melukai Yang Limpa, sebagai akibatnya distribusi Jinye terganggu, muncullah TAN Lembab.

 

4. Hanya konsumsi makanan berlemak dan berminyak.
Kebiasaan ini juga akan melukai Yang Limpa, dan lambat laun, menjadikan tubuh dipenuhi TAN Lembab.

 

Sudah mengetahui perihal ini, tentu kita perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini.
Serta melakukan beberapa kegiatan seperti: cukup tidur, berolahraga, konsumsi makanan sehat. Ketiga kegiatan ini baik untuk menghindari penumpukan TAN Lembab. Selain itu, pikiran yang positif juga tak kalah pentingnya. Pikiran yang positif akan menaikkan Yang, dan dengan demikian, Yang akan mampu membuang TAN Lembab.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment