Dalam TCM Dikenal Tujuh Luka, Anda Terluka Berapa?

Dalam TCM Dikenal Tujuh Luka Anda Terluka Berapa

Tujuh Luka

 

1. Terlalu kenyang melukai Limpa, mudah lemas dan mengantuk, dan warna wajah akan cenderung kuning
2. Terlalu marah, Qi terpancing untuk naik, nafas akan mulai sesak, dan mata terganggu
3. Terlalu memforsir tenaga untuk mengangkat benda berat, atau terlalu lama duduk di tempat yang lembab/basah, akan melukai Ginjal, Jing terkuras, pinggang dan punggung jadi nyeri, tubuh menjadi dingin
4. Tubuh terlalu terkena dingin, melukai Paru, akan mengganggu nafas, batuk, dan hidung jadi tersumbat
5. Terlalu resah, gunda gulana, dan depresi, melukai Jantung, menjadi mudah terkejut, pelupa, juga mudah marah
6. Angin, Dingin, Panas dan Hujan, akan melukai tubuh, rambut dan kulit jadi kusam dan kurang terawat
7. Terlalu ketakutan melukai Pikiran, membuat pikiran jauh dari bahagia

 

1. Terlalu Kenyang Melukai Limpa

Memiliki kebiasaan makan terlalu banyak, yang pertama-tama akan melukai Limpa Lambung, selanjutnya menurunkan fungsi pencernaan. Timbullah gejala pencernaan yang buruk, sembelit, bau mulut, radang lambung, dsb.

Lama-kelamaan, itu semua akan berubah menjadi obesitas, penyakit cerebrovaskular, ataupun diabetes. Bahkan ada hasil penelitian menyatakan, 20 % dari dementia pada lansia disebabkan karena pada masa mudanya mereka “suka makan”.

2. Terlalu Marah Melukai Liver

Ada peribahasa Tionghoa menyatakan “Marah sampai Mati”. Tapi memang kenyataannya demikian, marah bisa menyebabkan kematian, dan kita sering mengabaikan itu. Menurut TCM, sering marah akan mengakibatkan Qi Hati terhambat, dan dengan terhambatnya Qi Hati, maka fungsi fiosologis juga akan jadi terganggu, seperti muncul haid tidak teratur, hiperplasia pada payudara, serta gangguan endokrin.

Ada pula penelitian yang menyebutkan, mereka yang sering marah mengalami risiko terkena jantung koroner lebih besar 6 x lipat dari orang biasa, dan resiko terkena penyakit liver adalah 8 x lipat.

Itulah mengapa bahkan para dokter sering menasihati pasien mereka untuk selalu mempertahankan pikiran positif.

3. Sering Mengangkat Beban Berat, Terlalu Lama Duduk di Tempat Lembab, Melukai Ginjal

Sering mengangkat beban berat rentan mengakibatkan cedera pada otot dan pinggang. Menurut TCM, pinggang adalah Kediaman bagi Ginjal, jika Pinggang cedera, maka Ginjal juga ikut terluka.

Sementara, banyak duduk di tempat lembab, itu juga termasuk banyak berdiam di tempat yang basah, tubuh akan rentan terkena Patogen Lembab, saat Patogen Dingin menyerang, akan mudah melukai Ginjal. Contoh paling mudah, jika kita duduk di atas batu yang basah cukup lama, akan mudah kena sakit perut dan diare.

4. Dingin Sejuk Melukai Paru

Maksudnya, jika tubuh kita terserang udara dingin, atau sering mengonsumsi zat dingin, maka Paru akan mudah terluka, misalnya muncul batuk, banyak dahak, hidung tersumbat, atau beringus dan sebagainya.

5. Terlalu Lelah Melukai Jiwa

Terlalu lelah bukan hanya menunjuk ke terlalu menguras tenaga fisik, terlalu banyak berpikir, galau, resah dan gelisah juga akan menguras tubuh, terutama Jiwa. Ini akan menimbulkan gejala seperti susah tidur, kelelahan mental, bahkan imunitas menurun.

6. Angin, Dingin dan Panas Melukai Fisik

Angin, Dingin dan Panas dalam TCM termasuk dalam Patogen Luar – seluruh materi buruk dari luar tubuh yang berpotensi menimbulkan penyakit. Seperti masuk angin, kehujanan, terjemur matahari, dan sebagainya.

7. Ketakutan yang Tak Terselesaikan Melukai Pikiran

Seperti gelisah, anxietas, mudah melukai pikiran dan turut membuat imunitas menurun, akhirnya tubuh rentan terhadap segala jenis penyakit.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment