Apa Itu Qi

Apa Itu QI

Apa itu Qi dalam perspektif Chinese Medicine?

Dalam blog TCM yang saya tulis kerap kali menyinggung Qi, ini akan mudah menggugah pertanyaan yakni, “Apa itu Qi?” Demikianlah saya pun tergerak untuk membuat satu tulisan yang khusus membahas tentang Apa Itu Qi.

Pembahasan tentang Qi sebetulnya sangat rumit dan kompleks. Sejujurnya, hanya satu dua kali materi pelajaran pun akan sulit membahasnya, apalagi hanya dalam 1 blog. Karena itu, blog tema kali ini diperuntukkan bagi para pemula yang belum paham tentang Qi, karena yang dijabarkan sangat mudah sekali. Semoga bisa berguna dan membantu.

Manusia dan alam adalah satu kesatuan holistik, yang senantiasa, secara sadar atau tidak, melakukan pertukaran energi material internal dan eksternal. Bagian dalam tubuh manusia juga merupakan keseluruhan organik secara holistik, karenanya pertukaran internal energi material juga terus dilakukan. Dan untuk realisasi pertukaran ini membutuhkan kekuatan Qi.

Dalam Chinese Medicine, Qi adalah zat yang sangat halus yang sangat kuat dan terus-menerus bergerak dalam tubuh manusia, dan merupakan zat paling dasar yang mempertahankan aktivitas kehidupan tubuh manusia.  Dalam keadaan normal, Qi tidak dapat dilihat atau disentuh, tetapi Qi adalah zat esensial dan penting dalam tubuh manusia, yang bekerja secara terus menerus untuk meningkatkan dan mengatur metabolisme dalam tubuh manusia, dan juga memelihara proses kehidupan tubuh manusia.

“Qi” adalah zat yang sangat kompleks dalam tubuh manusia. Qi tubuh manusia dibagi menjadi lima kategori, yaitu Zheng Qi , Yuan Qi, Zong Qi, Ying Qi, dan Wei Qi. Kelima Qi tersebut memiliki fungsinya masing-masing, saling melengkapi, dan bersama-sama menjaga aktivitas hidup kita.

1. Zheng Qi 正气

Disebut Zheng Qi (Qi Kebenaran/Qi Baik), adalah karena Qi yang satu ini bertugas melawan Xie Qi (Qi jahat, Qi Patogen) dari dunia luar yang berbahaya bagi tubuh manusia. Zheng Qi memiliki banyak fungsi seperti pertahanan tubuh, anti-patogen, dan regulasi.

Oleh karena itu, Kitab Huangdi Neijing (diterjemahkan: “Pengobatan Penyakit Dalam Klasik Kaisar Kuning”) mengemukakan bahwa: “Jika Zheng Qi kuat, Xie Qi tidak bisa mengganggu; Xie Qi bisa masuk, karena (Zheng) Qi lemah “正气内存,邪不可干,邪之所凑,其气必虚”.

2. Yuan Qi 元气

Yuan Qi adalah Qi yang paling mendasar dan penting dalam tubuh manusia.  Terakumulasi dalam Jing ginjal (Apa itu Jing? Nantikan di pembahasan saya berikutnya), Yuan Qi akan dilepaskan perlahan oleh tubuh untuk mempertahankan fungsi fisiologis normal dan kelangsungan hidup manusia.

Alasan bahwa Yuan Qi adalah Qi yang paling penting dan mendasar dari tubuh manusia, adalah karena ia bertanggung jawab dalam meningkatkan dan mengatur pertumbuhan, perkembangan dan fungsi reproduksi tubuh manusia, dan juga menentukan aktivitas fisiologis berbagai organ Zangfu, Jingluo (meridian), tubuh, panca indera dan lain-lain.

Ginjal adalah landasan Qi Pranatal, akar Yuan Qi, mengandung Api Sejati, berfungsi mengontrol pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi manusia.  Sehingga jika ingin menjaga kesehatan, maka harus memperhatikan nutrisi Ginjal.

Energi Yang naik dan turun setiap hari, dan Yang dikumpulkan di tengah malam untuk mengatasi musim dingin (serta udara dingin). Karenanya, yang terbaik adalah waktu untuk memelihara Ginjal adalah pada malam hari.

3. Zong Qi 宗气
Zongqi tersusun dari dua tahap berikut; Pertama, Qi Jernih yang dihisap oleh Paru, dan kedua, Qi Makanan yang dihasilkan oleh Limpa dan Lambung. Qi jernih yang dihirup paru-paru menuju ke dada, begitu pula Qi Makanan yang diangkut dan diolah oleh Limpa dan Lambung juga diangkut ke dada dan mengalami penyatuan dengan Qi Jernih untuk membentuk Zong Qi.

Karena Zongqi berdiam di dada, ia dapat membantu paru-paru untuk bernafas lebih baik, dan juga mampu membantu jantung untuk mendorong darah untuk mengalir lebih lancar. Dan yang paling penting, Zong Qi juga dapat turun ke ginjal untuk mendukung Qi paling fundamental dalam tubuh kita, yakni Yuan Qi.

Jika Zong Qi kurang, maka akan menyebabkan disfungsi pada Jantung dan Paru. Pada saat yang sama, karena tidak ada dukungan dari Zong Qi, energi tubuh lama-kelamaan akan melemah. Itulah yang membuat Zong Qi menjadi sangat penting.

4. Ying Qi 营气

Berada dalam Meridian, Ying Qi (terjemahan: Qi Nutrisi) adalah Qi yang mengandung nutrisi. Ia berjalan dengan darah dan memelihara tubuh kita bersama dengan darah. Karena ia berjalan di dalam meridian, ia juga mampu mendorong aliran darah.

Karena kaitannya yang sangat erat dengan darah, maka penyebutan Ying Qi dan Darah sering disatukan, menjadi Ying Xue (Xue adalah Darah). Qi Nutrisi boleh dibilang tim pemasok logistik dalam tubuh manusia. Setiap bagian tubuh harus disuplai oleh Nutrisi agar apat menjalankan fungsinya dengan baik, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.

Ketika Qi Nutrisi kurang, tubuh akan kekurangan nutrisi, dan serangkaian gejala atrofi dan gangguan sirkulasi darah akan muncul.

5. Wei Qi 卫气

Wei Qi didistribusikan di setiap bagian tubuh kita, ia sangat hangat dan kuat. Wei Qi mencapai pori-pori keringat di kulit dan organ Zangfu dan sumsum tulang di bagian dalam tubuh. Di luar, ia menjaga tubuh dari serangan patogen bersama dengan Zheng Qi, dan di dalam, ia menghangatkan organ Zangfu dan sumsum tulang untuk menjaga tubuh dalam keadaan hangat.

Selain itu, karena dapat mencapai pori-pori keringat di kulit, Wei Qi juga bertanggung jawab untuk mengatur pembukaan dan penutupan pori-pori keringat agar mampu mengatur suhu tubuh. Secara umum, Wei Qi adalah kepala operator tubuh kita, yang mampu mengoordinasikan keseimbangan internal dan eksternal.

6. Qi organ Zangfu 脏腑之气

Selain lima jenis Qi di atas, lima organ zang-fu kita juga memiliki Qi nya masing-masing, disebut Qi Zangfu.

Qi Zangfu adalah Qi yang dihasilkan oleh berbagai organ Zangfu dan berjalan di meridian. Jika Qi organ Zangfu tertentu kurang, fungsi organ Zangfu akan menurun. Misalnya, jika Qi Limpa kurang, akan menyebabkan gangguan pencernaan, tubuh lemas, dan sebagainya.

Lebih lanjut, masuk ke organ Zangfu yang lain. Karena Paru memiliki Qi, maka Paru dapat memimpin pernapasan. Karena Jantung memiliki Qi, maka Jantung dapat menjaga agar pikiran tetap teratur. Dengan Qi, Limpa dapat memimpin pencernaan. Dengan Qi, Liver dapat mengatur agar Qi seluruh tubuh berjalan lancar. Dengan Qi, Ginjal dapat menjalankan fungsinya mengatur sirkulasi air dengan baik.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memelihara Qi Zangfu, supaya metabolisme di tubuh berjalan dengan baik, dan tubuh kita bisa beraktivitas dengan baik.

Berkat keberadaan Qi dalam tubuh kita inilah, maka tercapailah hidup yang bermakna, hidup yang benar-benar merupakan sebuah Hidup.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment