Lelah, Adalah Pertanda Awal Dari Penyakit

@s

Penyakit yang masuk di tubuh manusia dibagi menjadi tiga tahap, jangan sampai penyakit di tubuh anda itu mencapai tahap ketiga

 

Tahap Pertama: Lelah, adalah pertanda awal dari penyakit

 

Pada masa modern ini rata-rata manusia menghadapi sebuah fenomena umum – sering merasa lelah. Bukan terkadang lagi, tetapi sering. Misalnya, selalu merasa kehilangan energi, lemah lesu, mengantuk, dan bahkan terkadang merasa tertekan tanpa sebab.

 

Disinilah tahap pertama terjadi. Kelihatannya kelelahan fisik dan mental itu hanya karena terlalu banyak melakukan kegiatan yang menguras fisik atau mental, jadi istirahat sebentar saja akan menyelesaikan itu semua, sama sekali bukan masalah besar.

 

Sebenarnya, dari sudut pandang pengobatan TCM, kelelahan terjadi bukanlah tanpa alasan, namun seringkali karena fungsi salah satu atau beberapa organ dalam tubuh telah bermasalah dan tidak dapat memberikan tenaga yang cukup untuk tubuh kita.

 

Misalnya, jika fungsi limpa bermasalah, orang tersebut akan merasa ototnya tak bertenaga, jika fungsi ginjal yang bermasalah, ia akan rentan terkena sakit punggung, bahkan jika itu merembet ke fungsi tulang belakang leher, leher orang tersebut nantinya mudah tegang dan kaku.

 

Oleh karena itu, ketika tubuh dan pikiran merasa lelah, sebaiknya Anda segera berpikir bahwa ini adalah pertanda bahwa fungsi organ Anda mulai bermasalah, bahwa ini adalah pertanda penyakit, dan peringatan dari tubuh yang sedang mengatakan bahwa “Saya sudah lelah, dipaksakan lagi saya tidak akan sanggup.”

 

Tahap kedua: Muncul beberapa gejala penyakit

 

Jika rasa lelah tidak menarik perhatian Anda, dan Anda masih mempertahankan pola hidup Anda yang ternyata salah itu, maka tidak diragukan lagi bahwa masalah pada fungsi organ dalam Anda akan semakin besar, dan perlahan-lahan, tubuh akan mulai menunjukkan beberapa gejala penyakit.

 

Menurut TCM, itu berarti bahwa keadaan tubuh Anda telah mengalami kerusakan yang lebih besar, seperti demam, meriang, Stagnasi Qi, Stagnasi Xue (laju darah terhambat), Lembab, dan Sumbatan – dan itu bukan hanya berpengaruh di dalam tubuh, tapi juga muncul ke permukaan tubuh.

 

Gejala dari faktor internal tubuh yang muncul seperti: demam, atau mudah kedinginan. Pada beberapa orang akan mudah merasa tubuhnya berat, merasa bahwa mereka tengah mengenakan pakaian yang basah kuyup karena hujan dan merasa tidak nyaman karenanya, dll.

 

Sementara gejala yang muncul di permukaan tubuh yakni lingkaran hitam di mata, kantung di bawah mata, rambut rontok, mata merah, flek dan jerawat.

 

TCM percaya bahwa munculnya gejala tertentu bukanlah hal yang buruk. Gejala sebenarnya adalah reaksi tubuh untuk menolak patogen eksternal, yang berarti bahwa fungsi pertahanan tubuh Anda masih ada dan Anda dapat merespons lebih cepat, seperti halnya orang yang tersedak air lalu batuk.

 

Tetapi ternyata, jika Anda memiliki gejala di tubuh Anda, itu juga berarti Anda sudah berada dekat sekali dengan penyakit. 

 

Banyak orang saat ini dalam keadaan ini, jika Anda tidak hati-hati, itu akan berkembang menjadi penyakit.

 

Tahap ketiga: Dan penyakit pun datang

 

Dibutuhkan tiga langkah untuk sakit, dan ketika Anda mencapai langkah terakhir, dan penyakit muncul, lalu apa penyakit yang muncul itu?

 

TCM percaya bahwa ketika keseimbangan Yin dan Yang dalam tubuh manusia rusak, penyakit terjadi. Dan penyakit yang muncul ini, adalah penyakit baik besar dan kecil yang menyerang tubuh manusia.

 

Ketika Qi cukup untuk mengusir penyakit, orang tersebut akan sehat; ketika Qi dan penyakit sama-sama kuat, manusia akan merasa lelah dan beberapa gejala akan muncul; dan jika penyakit lah yang mengalahkan Qi tubuh, orang tersebut akan jatuh sakit.

 

Oleh karena itu, ketika manusia jatuh sakit, itu berarti “penyakit jahat” di bagian tertentu dari tubuh kita jauh lebih banyak daripada “Qi baik”. Bahkan bisa jadi penyakit ini sudah terlalu parah, jauh melebihi tingkat normal. Atau bisa juga Qi tubuh kita terlalu lemah dan sudah tak berdaya melawan penyakit.

 

Jangan biarkan diri Anda mencapai langkah terakhir!

 

Sesudah membaca penjabaran ini, Anda pun paham bahwa penyakit tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan membutuhkan waktu untuk menumpuk. Sehingga, sebetulnya kita memiliki banyak waktu serta cara untuk mencegah penyakit, jangan sampai ia berkembang ke tahap terakhir.

 

Tuntutan zaman di abad ke 21 yang terlampau keras, mengharuskan orang-orang hidup dalam tekanan, baik untuk bekerja, belajar, bahkan urusan lainnya. Kita semua sibuk sepanjang hari, dituntut untuk menaruh aktivitas di atas kesehatan tubuh, mengabaikan kelelahan, mengabaikan tubuh yang sudah menjerit-jerit “Aku tidak sanggup lagi!” Ironisnya, akhirnya saat manusia jatuh sakit, itu sudah parah dan bahkan sudah terlambat. Kalau begini, tidak hanya tubuh yang terluka, tetapi juga banyak waktu, tenaga dan bahkan uang terbuang percuma. Bukankah ini akhirnya hanya menyiksa diri sendiri?

 

Rasa lelah dan gejala yang muncul, adalah peringatan tubuh kepada kita, dan juga bahwa ia sedang meminta bantuan kita. Jadi ketika tubuh kita terasa lelah, atau gejala muncul, kita perlu segera mencek tubuh kita, seperti istirahat dan mengontrol pola hidup, atau terapi yang bersifat ringan dan berefek cepat (dikarenakan penyakit masih dalam keadaan ringan).

 

Jangan tunggu sampai semuanya sudah terlambat.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment