Lima Jenis Penyakit yang Cocok Diobati dengan Traditional Chinese Medicine

IMG_20220508_192550

Anda pergi ke sinshe, dan setelah konsultasi, jika sinshe berkata kepada Anda, “Anda harus pergi ke pengobatan barat” berarti Anda benar-benar sakit. Anda pergi memeriksakan diri ke dokter, dan setelah konsultasi, jika dokter berkata kepada Anda, “Anda harus pergi mencari alternatif” maka artinya penyakit Anda benar-benar tidak ada harapan.

Meskipun ada banyak perkataan sinis di Internet bahwa “TCM tidak menyembuhkan penyakit”, akan tetapi sebagai harta tradisional yang berharga, kenyataan bahwa “TCM benar dapat menyembuhkan penyakit” telah teruji efisien secara empiris selama ribuan tahun.

Dan dari penyakit-penyakit tersebut, inilah lima jenis penyakit yang paling cocok diterapi dengan Traditional Chinese Medicine:

1. Ginekologi

Ginekologi adalah cabang kedokteran yang memusatkan perhatian terhadap kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita, mencakup diagnosa, penanganan, hingga perawatan penyakit yang terkait dengan tubuh serta organ reproduksi wanita.

Disinilah letak kekuatan Traditional Chinese Medicine untuk ginekologi – Pengobatan Secara Holistik. Menurut pandangan Traditional Chinese Medicine, sebagian besar penyakit ginekologi disebabkan oleh stasis darah (Stagnasi Darah) atau kekurangan darah (Kekurangan Darah) dalam tubuh, dan untuk terapi, prinsip Melancarkan Stagnasi dan Tonifikasi, dalam hal ini memberi nutrisi pada darah, serta mengaktifkan darah, sangat efektif.

2. Jenis Alergi

Seperti eksim, biduran, sinusitis alergi, asma alergi, rata-rata dikarenakan kekacauan sistem imun di dalam tubuh.

Permasalahan pada sistem imun memiliki karakteristik: Satu bagian terkena, seluruh tubuh terpengaruh. Banyak orang mengonsumsi obat hanya untuk penyembuhan sesaat (hanya saat konsumsi obat), tapi sesudah obat dihentikan, penyakit kembali akut.

Traditional Chinese Medicine, di sisi lain, tidak hanya berfokus ke satu area lokal saja. Menurut TCM, alergi disebabkan oleh kurangnya Qi (baca Chi) yang menjaga tubuh dan karena itu patogen bisa masuk. Untuk terapinya, TCM berpegang pada cara: Menopang Qi dan Mengusir Patogen. Perawatan sederhana ini dapat mencapai hasil yang baik.

3. Penyakit Pencernaan

Ada sedikit perbedaan dalam sudut pandang TCM terhadap pencernaan. TCM berpendapat bahwa sistem pencernaan tidak lepas kaitannya dari peran bukan hanya lambung dan usus, tapi juga limpa dan hati. Sudut pandang yang berbeda ini membuat TCM memberi solusi baru untuk masalah pencernaan yang kurang teratasi dengan baik.

4. Non-Organic Disorder

Ada orang yang sering terkena gangguan psikosomatis seperti mudah lelah, sulit fokus, vertigo, pandangan berkunang, suka gelisah, masih ada pula bau mulut dan sembelit. Gejala ini sangat mengganggu, tetapi sesudah tes lab, tidak diketemukan kelainan apapun pada tubuh.

Tapi TCM sangat ahli untuk persoalan ini, karena dalam TCM ada nama sindromnya, ada pula cara terapinya. Selain untuk mengobati, bisa juga untuk  mencegah terjadinya penyakit.

5. Penyakit Kronis yang Kompleks

Seperti nefritis kronis, rematik, gejala sisa stroke, tumor, dll., Pengobatan konvensional biasanya dapat menggunakan terapi hormon, yang memiliki efek samping tertentu.

TCM memilih resep berdasarkan diferensiasi sindrom, minum herbal rebusan atau akupunktur, yang memiliki efek baik dan sedikit kerusakan pada fungsi hati dan ginjal.

Pasien tumor juga dapat menghilangkan racun dan efek samping kemoterapi dengan meminum herbal TCM per oral.

Disadur dari Huangdi Yidao, 2022-05-05 16:00

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment