Pagi Menambah Yang, Malam Menambah Yin: Perhatian Bagi Mereka Yang Sering Begadang

mmexport1651571000582

 

“Pada malam hari, Yang Qi orang secara alamiah tidak mencukupi. Jika Anda bersikeras untuk tidak tidur, Yang Qi akan terluka terlebih dahulu, dan selanjutnya adalah Jing dan Yin.” 

 

Orang yang begadang untuk waktu yang lama biasanya terlihat kuyu dan lesu, serta rentan terhadap penuaan.Ini semua karena “Qi (baca: Chi) dan Darah Terluka”.

 

Karenanya, kita perlu mengingatkan keluarga serta kerabat yang suka begadang untuk mengisi lebih banyak Jing, Yin, Yang dan Qi dengan cara yang tepat sasaran. 

 

Dan Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana caranya?

 

Inilah beberapa cara yang bisa ditempuh:

 

Di Pagi Hari, Utamakan Menambah Qi, dan Di Malam Hari, Utamakan Menambah Yin dan Jing

 

Kemudian. Herbal untuk Tonifikasi Qi antara lain Huangqi (astragalus), Dangshen (codonopsis), Renshen (ginseng), Shanyao (waisan) dll, yang dapat digunakan untuk direndam dalam air atau dibuat salep.

 

Sering Begadang? Konsumsi Gouqi

 

Disarankan agar orang yang sering begadang makan lebih banyak Gouqi, atau Goji Berry. Tidak hanya menyehatkan Darah, Goji Berry juga mampu menyehatkan Ginjal dan Hati, serta baik untuk orang yang sering menggunakan mata dalam waktu lama.

 

Cara mengonsumsi goji berry juga sangat mudah. Ia bisa direndam dalam air, atau direbus dengan gula batu, kemudian dimasukkan ke dalam cangkir dan dimasukkan ke dalam lemari es. Lebih baik jika Anda menambahkan beberapa kacang hitam. Berikut adalah salah satu resep makanan sehat simpel Goji Berry dan Kacang Hitam.

 

Bubur Goji Berry Kacang Hitam:

 

 

Bahan: 

☑ 100 gram kacang hitam

☑ 5 gram goji berry

☑ 10 kurma merah

 

Cara membuat: 

✦ Tambahkan air secukupnya ke dalam panci, lalu masukkan kacang hitam, buah goji berry dan kurma merah

✦ Setelah direbus dengan api cepat, gunakan api kecil untuk merebus sampai bahan mentahnya matang

✦ Sudah dapat dikonsumsi, ambil setiap malam, dan bisa makan untuk waktu yang lama.

 

***

 

Menyehatkan Jantung dan Limpa

 

Kebiasaan begadang dalam jangka panjang tidak hanya akan merusak Jing, Qi, Yin dan Yang, tetapi juga mudah merusak “Jantung” dan “Limpa”. Menurut TCM Limpa menghasilkan Qi dan Darah, Jantung menguasai Darah, sehingga dengan begadang melukai Darah, maka sebagai organnya Jantung dan Limpa ikut terganggu.

 

Sehingga mereka yang sering begadang harus memperhatikan pola makan sehari-hari untuk memperkuat limpa dan menyehatkan jantung. Makanan yang memperkuat limpa antara lain Shanyao (waisan), Dangshen (Codonopsis), dll. Sedangkan makanan yang menyehatkan jantung antara lain kurma merah, gojiberry, dan lengkeng.

 

Lalu. Berbicara mengenai camilan larut malam, meskipun bukan kebiasaan yang baik untuk orang biasa, namun bagi mereka yang bekerja di malam hari, dapat mengonsumsu beberapa camilan malam, tapi harus berkualitas tinggi dan dengan cara yang benar.

 

Makanan yang Anda makan di malam hari harus lebih bergizi, tetapi Anda harus makan lebih sedikit. 

Jika perut mengalami kekacauan, Anda akan dilanda kegelisahan.

Jadi jika Anda makan terlalu banyak, itu akan mempengaruhi tidur Anda. Kue, susu, yogurt, dll semua bisa dijadikan camilan larut malam. Tapi itu harus dikonsumsi dalam keadaan hangat. Makan makanan dingin dalam waktu lama akan melukai limpa dan lambung – artinya melukai pencernaan.

 

Bagaimana dengan olahraga?

 

Dalam olahraga, orang yang begadang tidak cocok melakukan olahraga berat, waktunya juga tidak boleh terlalu lama. Biasanya durasi berolahraga tidak boleh lebih dari 1 jam. Jika sehabis olahraga Anda sangat kelelahan dan menguras fisik, berarti olahraga Anda sudah melebihi ambang batas.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

1 Comment

  1. This is some good quality stuff. It took me some time to unearth this site but it was worth the time. I noticed this post was buried in google and not the first spot. This internet site has a ton of high-quality stuff and it does not deserve to be burried in the search engines like that. By the way I am going to save this website to my list of favorites.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment