Periode Yu Shui

mmexporte3d0f976d35834117f82d3919189d621_1674901078889

Secara harfiah, Yu Shui diterjemahkan sebagai ‘hujan’, (Yu = Hujan; Shui = Air). Sesuai namanya, intensitas hujan akan meningkat di beberapa area.

Di Tiongkok, suhu mulai naik, salju mulai mencair, dan curah hujan mulai meningkat. 

Di masa lalu, orang-orang menggunakan Periode Yu Shui untuk meramalkan cuaca beberapa bulan mendatang. Hasil ramalan cuaca Yu Shui bisa berbeda-beda, tetapi semuanya terbagi dalam dua kategori utama: Yang pertama menunjukkan bahwa jika hari mendung atau hujan di Yu Shui, cuaca seperti itu akan dominan untuk beberapa waktu; jenismentara yang lain mnunjukkan bahwa jika pada hari Yu Shui cuaca jadi dingin, maka akan hangat pada Periode Jing Zhe (selengkapnya bisa dilihat di https://www.sinsheshinta.com/2021/03/05/periode-jing-zhe-awakening-of-insects/), dan sebaliknya.

Merasakan nuansa alam, tubuh kita akan mulai segar kembali. Dalam mdis barat, ini dikenal sebagai metabolisme yang terbangun dari musim dingin, sedangkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, organ Hati memegang peranan, secara lima unsur Hati berafiliasi dengan musim semi, maka Periode Yu Shui ini mengembalikan tubuh manusia ke mode musim semi. Namun, karena Hati mengekang limpa (sistem pencernaan). Kalau berlebihan, akan berlanjut menunjukkan gejala ringan seperti sakit kepala, mual, radang gusi, mata gatal, dll.
Menjaga keseimbangan mental sangat penting selama periode ini. Rileks, menerima, dan melepas. Percayakanlah segalanya pada Tuhan Yang Maha Besar. 

Periode Yu Shui juga merupakan saat yang tepat untuk mulai meningkatkan jumlah olahraga yang Anda perlukan. Lalu untuk makanan; cuaca dingin di musim dingin mendorong orang untuk mengonsumsi makanan berlemak dan manis, karena tubuh membutuhkan energi kehangatan (yang banyak didapat dari makanan seperti itu), tetapi sekarang saatnya untuk mengerem semua nafsu itu. Sebaliknya, makanlah sesuatu yang ringan dan mudah dicerna, terutama sayuran hijau.
Perlu diingat bahwa musim semi secara formalnya masih cukup jauh, jadi jangan terlalu bersemangat jika kita mengalami beberapa hari cerah yang hangat, karena cuaca masih belum stabil, gelombang dingin dapat dengan mudah mngembalikan cuaca jadi dingin kembali. Sehingga tetap diperlukan untuk berpakaian sedikit lebih banyak untuk menjaga kehangatan tubuh.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment