Periode Jing Zhe/Awakening of Insects.

1614744342022
Pada penanggalan imlek saat ini (Kalender Imlek: Tanggal 22 Bulan 1) adalah Periode Terbangunnya Serangga 惊蛰 Jing Zhe / Awakening of Insects.
Saat ini, tumbuh-tumbuhan tumbuh dan mulai berkembang. Musim semi sudah dimulai dan suhu udara juga sudah menghangat. Petir penanda hujan di musim semi tiba-tiba menggelegar, seolah mengejutkan makhluk yang telah lama tertidur kala musim dingin, makanya daripada diartikan sebagai Terbangun, “Jing” pantas diartikan sebagai Keterkejutan. Namun keterkejutan ini tidak berlanjut pada ketakutan, keterkejutan ini justru  membawa sukacita. 
Serangga-serangga terbangun, dan semua jenis tumbuhan juga terbangun – mereka semua seakan tengah menunggu aba-aba dari petir musim semi. Dan ini bukan hanya berlaku bagi tumbuhan dan hewan, tapi juga bagi manusia. Suasana yang dingin dan meninabobokan saat musim dingin kini telah berlalu, dan ini adalah saatnya bagi manusia untuk bangun dan beraktivitas dengan penuh semangat.
Adapun tips memelihara kesehatan saat Periode Jing Zhe:
1. Karena suhu udara yang lebih hangat ketimbang sebelumnya, mungkin ada yang merasa tidak terbiasa jika memakai pakaian terlalu banyak. Namun disarankan untuk jangan segera memakai pakaian yang terlalu tipis agar tidak sakit.
2. Untuk makanan, sebaiknya memakan makanan yang tidak terlalu manis, asin atau berminyak. Seperti tahu, sayur, dst.
3. Untuk pola tidur disarankan untuk tidur sebelum pukul 11 malam dan bangun saat antara pukul 5 sampai 7 pagi.
4. Saat ini sangat baik untuk bergerak. Jangan terlalu banyak duduk, bergeraklah! Berolahraga dapat melancarkan. peredaran darah dan membantu menurunkan kolestrol dan berat badan.
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment