Xia Zhi

mmexport1655305910664

Xia Zhi (夏至; Titik balik matahari musim panas) adalah salah satu periode dalam 24 Periode Musim Tiongkok Kuno. Pada abad 7 SM, bangsa China menggunakan Tugui (Alat kuno untuk mengukur panjang bayangan matahari) untuk mengukur bayangan matahari untuk menentukan titik balik matahari saat musim panas. Titik balik matahari musim panas tahunan dimulai pada 21 Juni (atau 22) dan berakhir pada 7 Juli (atau 8). “Copyon of the Constitution” 《恪遵宪度抄本》menuliskan : “… Matahari mencapai utara, panjang matahari mencapai (ukuran terpanjang), dan bayangan matahari mencapai (ukuran) terpendek, sehingga disebut titik balik matahari musim panas. Zhi, berarti Terekstrim…” Xia Zhi dimulai ketika Matahari mencapai garis bujur langit 90° dan berakhir ketika mencapai garis bujur 105°, dan lebih sering merujuk khususnya pada hari ketika Matahari tepat berada di garis bujur langit 90°. Saat Xia Zhi, periode siang hari di belahan bumi utara mencapai fase terpanjang, semakin utara lokasinya, periode siang harinya akan makin panjang. Misalnya, periode siang hari di kota Haikou di Hainan adalah kurang lebih 13 jam, siang hari di kota Hangzhou 14 jam, di Beijing sekitar 15 jam, dan di Mohe, Heilongjiang dapat mencapai lebih dari 17 jam. Setelah Xia Zhi, posisi pancaran sinar matahari di bumi berangsur-angsur bergerak ke selatan, dan siang hari di belahan bumi utara akan semakin pendek dari hari ke hari.

 

Tugui

 

Adat Istiadat Kuno saat Xia Zhi

Xia Zhi termasuk salah satu periode yang ditetapkan paling awal dalam penanggalan Tionghoa. Di masa lalu, orang China kuno sangat mementingkan Periode Xia Zhi ini. Sebelum Dinasti Qing, di China akan libur 1 hari saat Xia Zhi, bahkan saat Dinasti Song (960 – 1279), pejabat pemerintahan akan libur tiga hari dimulai sejak Xia Zhi. Di Dinasti Liao, Xia Zhi disebut sebagai ‘Chaojie’, para wanita akan menggunakan kipas warna-warni, dan saling memberikan hadiah berupa kantung bedak berparfum.” Adapun kipas digunakan untuk mengusir panas, dan parfum dapat mengusir nyamuk dan menghilangkan bau.

Saat Xia Zhi, Perawatan Kesehatan Apa yang Dapat Dilakukan?

1. Mandi — lebih baik dengan air hangat, hindari air yang terlalu dingin

Mandi dengan air hangat setiap hari merupakan salah satu hal yang baik untuk pencegahan panas dalam saat musim panas (kemarau). Mandi tidak hanya dapat membersihkan keringat dan kotoran, menjaga kulit tetap bersih dan sejuk, serta membantu mencegah serangan panas dan penyakit; tetapi juga memperlancar peredaran darah, memperbaiki kulit dan nutrisi jaringan, mengurangi ketegangan otot, serta menghilangkan kelelahan, dan meningkatkan imunitas agar tak gampang kena sakit.

2. Tidur — Sebaiknya tidur agak malam dan bangun lebih pagi, jika sempat baik untuk tidur sejenak di waktu istirahat siang

Di musim panas, pikiran sebaiknya segar, bahagia, berwawasan luas dan penuh energi. Sama seperti semua hal membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh, kita semua perlu memiliki minat yang kuat pada hal-hal eksternal dan menumbuhkan kepribadian yang optimis dan ramah agar Qi kita bisa beredar lancar.  Untuk beradaptasi dengan perubahan alam, disarankan untuk tidur agak malam dan bangun lebih pagi. Dengan mengikuti pola peredaran Yang dan Qi yang kondusif, sirkulasi Qi dan darah bisa beredar lancar. Pada saat Xia Zhi, durasi siang hari menjadi lebih panjang dan malam menjadi lebih pendek, sehingga istirahat pada siang hari bermanfaat untuk memulihkan kekuatan fisik dan menghilangkan kelelahan.

Usahakan suhu di dalam ruangan sejuk terutama di pagi dan sore hari. Pintu dan jendela perlu dibuka untuk memberi ventilasi yang cukup, pada siang hari suhu di luar ruangan perlu lebih tinggi dari suhu dalam ruangan, pintu dan jendela harus ditutup rapat, dan tirai harus ditarik. Ini semua, akan memberikan ketenangan dan relaksasi pada tubuh dan pikiran manusia.

3. Bergerak — Perlu berolahraga, tapi bukan olahraga keras

Contohnya seperti jalan kaki santai, jogging, Taijiquan, atau yoga dan olahraga ringan lainnya. Sebaiknya dilakukan di pagi hari atau sore hari ketika cuaca lebih sejuk, di tempat-tempat dengan udara segar seperti sungai dan danau, taman dan halaman. Selama dan setelah berolahraga, Anda dapat minum lebih banyak air garam, sup kacang hijau. Hindari minum minuman dingin agar saluran pencernaan tidak kejang.

4. Pakaian — Baiknya gunakan bahan dan warna yang tidak menyerap sinar matahari

Dalam hal pakaian, semakin sedikit pakaian menyerap panas, maka akan semakin baik. Kain pakaian sebaiknya terbuat dari katun dan linen, yang mudah menyerap keringat dan membuat kulit terasa nyaman.

Beberapa Tips untuk Meminimalisir Panas Dalam saat Musim Kemarau:

1. Semakin banyak Anda makan maka semakin banyak panas metabolik yang akan dihasilkan tubuh Anda untuk mencerna makanan ini, terutama makanan dengan kadar protein lebih tinggi. Jadi sebaiknya hindari hal ini

2. Ternyata, makanan pedas dapat merangsang penerimaan panas di mulut, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyebabkan keringat berlebih, yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Jadi di saat ini baik juga untuk makan yang sedikit pedas. (Tetap jangan berlebihan, ya 😉 )

3. Minum lebih banyak air: Disarankan untuk minum lebih banyak air. Hindari alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Air mineral atau soda rendah gula adalah beberapa pilihan minuman yang bisa jadi referensi.

4. Minum teh krisan. Teh krisan dapat menyejukkan sekaligus menyegarkan otak.

5. Hindari olahraga berat, karena aktivitas berat akan mengaktifkan energi tubuh dan meningkatkan suhu internal.

6. Mandi dengan air hangat. Sebaiknya mandi dengan air hangat, bersuhu sedikit di bawah suhu tubuh, terutama sebelum tidur.

7. Gunakan kompres es. Kompres es yang dapat digunakan berulang kali bagus untuk menurunkan suhu kulit, dan cairan yang telah diisi sebelumnya di dalam kompres tersebut memiliki efek pendinginan.

8. Pilih bantal yang baik: Gunakan bantal bulu, sebaiknya sarung bantal katun. Sarung bantal serat sintetis akan menumpuk panas.

9. Bilas pergelangan tangan dengan air dingin. Bilas pergelangan tangan dengan air keran selama 5 detik setiap beberapa jam, karena pergelangan tangan adalah tempat aliran arteri, yang dapat menurunkan suhu darah.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment