Periode Xiao Shu

mmexport1656929195225

Xiao Shu 小暑 (Slightly Heat/Sedikit Panas) adalah Periode Kesebelas dalam Masa Dua Puluh Empat Periode Musim China Kuno, dan merupakan periode kelima untuk Sub Kategori kategori Periode Musim Panas. Xiao Shu menunjuk pada tanggal sekitar 6-8 Juli dalam kalender Gregorian, ketika matahari mencapai 105 derajat bujur ekliptika. Xiaoshu boleh dibilang menjadi penanda awal musim panas secara tak resmi; Xiao berarti Kecil; Shu berarti musim panas – Jadi saat Xiaoshu cuaca hanya sedikit panas dan tidak terlalu panas. Cuaca memang mulai panas, tetapi belum mencapai yang terpanas, dan ini terjadi di sebagian besar wilayah di China.

 

Bagaimana Cara Melakukan Perawatan Tubuh Pada Musim Panas?

Saat Periode Xiaoshu, vitalitas Yang Qi dalam tubuh kita mencapai masa puncaknya. “Peliharalah Yang pada saat Musim Semi dan Panas”. Sehingga saat musim panas, kita perlu memperhatikan keseimbangan antara bekerja dan istirahat untuk melindungi Yang Qi. Meskipun Xiaoshu bukan masa yang terpanas segera diikuti oleh musim terpanas tahun ini (masa yang terpanas adalah saat Dashu), namun tepat sehabis Xiaoshu, adalah Dashu, si masa terpanas itu. Saat Xiaoshu, masyarakat akan disibukkan untuk menanam sayuran dan mempersiapkan diri untuk musim dingin; dan memang saat Xiaoshu ini, sebagian besar China tengah sibuk dengan pengelolaan ladang tanaman untuk musim panas dan musim gugur. Saat musim panas, terjadinya pengeluaran keringat yang cenderung berlebihan, sehingga orang mudah lelah. Karenanya, pemeliharaan tubuh menjadi tidak bisa diabaikan.

 

“Panasnya Di Tiga Fu “, di saat Xiaoshu ini juga memasuki Periode Fu. “Fu” berarti Tiarap, Tersembunyi – maknanya, orang harus lebih sedikit berada di luar ruangan untuk menghindari panas. Ada tradisi dimana orang melalui Periode Fu dengan mengkonsumsi makanan yang sejuk dan menyegarkan. 

 

Di saat cuaca panas, sebaiknya mengkonsumsi sup musim panas atau bubur yang terbuat dari daun teratai (Heye 荷叶), Poria (Fuling 茯苓), lentil (Biandou 扁豆), barley (Yimi 薏米), makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat Xiaoshu. Perbanyak makan buah juga baik untuk pencegahan heatstroke, tetapi jangan makan terlalu banyak, agar tidak memperberat tugas lambung dan menyebabkan diare pada kasus yang parah.

 

Di musim panas, karena faktor cuaca, orang menjadi mudah kesal, gelisah, lelah dan tubuh melemah. Saat menjaga diri dan berolahraga, kita harus menyesuaikan diri dengan pemeliharaan tubuh yang tepat saat musim panas, yakni menenangkan pikiran dan meredam Yang di dalam tubuh yang saat ini berlebihan. “Spiritual Pivot: The Beginning of All Diseases” mengatakan: “Emosi dan kemarahan yang tidak teratur akan melukai organ dalam.” Hal ini dikarenakan aktivitas emosional tubuh manusia berkaitan erat dengan organ dalam. Rangsangan emosional yang berbeda dapat merusak organ dalam yang berbeda dan menghasilkan gejala penyakit yang berbeda pula. Maka untuk menjaga kesehatan, yang paling utama dianjurkan dalam TCM ialah “Datar”, yaitu dalam keadaan apa pun, tidak boleh ada yang ekstrem. Jangan terlalu sedih atau gembira, jangan terlalu frustrasi ketika dikecewakan. Karena mudah menimbulkan kelemahan mental, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, dan bahkan gangguan mental. Menurut TCM, Jantung memiliki posisi sebagai penguasa di antara organ dalam. Semua aktivitas kehidupan adalah ekspresi terkonsentrasi dari fungsi lima organ dalam, dan semua ini didominasi oleh Jantung. Dari segi emosi, kegembiraan adalah aspirasi Jantung, “kegembiraan” ini sangat baik untuk meredakan ketegangan dan membuat suasana hati nyaman dan membantu darah menjadi rileks. Oleh karena itu, di musim panas, fokus pemeliharaan kesehatan adalah fokus pada “ketenangan pikiran”, yang dapat menyejukkan tubuh secara alami.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment