Nyong Tahu/Yong Teufu/Baso Tahu

FB_IMG_1613217663632

Bagi kita suku Hakka, kita akan merayakan Capgomeh dengan membuat Nyong Tahu/Yong Teufu/Tahu Baso 酿豆腐.
Sekilas tentang Nyong Tahu:Nyong Tahu konon berasal dari jiaozi. Suku Hakka sendiri berasal dari China Utara, dan karena di selatan tidak ada budaya jiaozi, maka dibuatlah nyong tahu sebagai pengingat suku Hakka terhadap budaya jiaozi di daerah asalnya.
Nyong tahu sendiri banyak dibuat saat ada perayaan-perayaan besar, seperti contohnya Capgomeh ini. Atau bisa juga dibuat ketika sedang senggang dan sekadar ingin menyantap nyong tahu.
Ada juga cerita lain. Seorang warga Wuhua dan seorang warga Xining adapah saudara angkat yang baik. Suatu ketika mereka sedang makan di rumah makan, yang satu ingin daging, yang lain ingin tahu, dan terjadilah perdebatan diantara mereka. Si pemilik rumah makan yang pintar seketika terpikirkan ide dan menyatukanlah daging dengan tahu, sehingga terciptalah Nyong Tahu. 
Orang-orang di kota Meizhou 梅州 akan selalu menyajikan Nyong tahu saat ada hari raya atau menjamu tamu. Nyong tahu yang paling terkenal berasal dari Distrik Wuhua 五华.
Tambahan: membuat nyong tahu dengan cara memasukkan daging ke dalam tahu, kelihatannya seperti memasukkan uang ke dalam dompet. Konon dari cerita mama saya, untuk seorang istrimembuat nyong tahu mitosnya biar bisa membantu suaminya pintar bekerja dan cari uang. Dan untuk orang karier, biar kariernya dimudahkan dan dilimpahkan rezekinya. Pintar cari rezeki dan simpan uang. 😊 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

12 Comments

  1. Took me time to read all the comments, but I seriously enjoyed the write-up. It proved to be Very helpful to me and I am positive to all the commenters right here Its always good when you can not only be informed, but also entertained Im sure you had fun writing this article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment